Pemasangan pipa frp lining

Pemasangan pipa frp lining - Penggunaan pipa FRP ini biasanya untuk fluida yang mengandung korosif pengerjaan untuk joint pipa FRP sebetulnya gampang gampang susah, itu tergantung pada orang yang sudah berpengalaman ataupun orng yang tidak berpngalaman di bidang fiber. sebetulnya tidak semua vendor yamg bergerak di FRP itu terbiasa dengan join pipa FRP. dari jenis pipa FRP pun beragam mulai dari yang mempunyai shocket di satu bagian ujung pipa . ada pula yang polos tanpa shocket. kebetulan untuk kali ini saya akan membahas pemasangan join pipa FRP ini yang tidak ada shocketnya yang lumayan rumit untuk di kerjakan oleh orang yang baru.

frp lining
ini adalah salahsatu contoh joint pipa FRP yang tidak menggunakan shocket atau yang lebih sering di ucapan di project adalah sambungan adu manis.

pemasangan seperti ini sebebtulnya membutuhhkan kepresisisan antara ujung pipa yang akan di joint harus rapat sempurna. karena jika tidak sempurna terdapat celah diantara sambungan tersebut itu dapat mengakibatkan pipa pecah jika dia mendapatkan hentakan saat pipa terisi oleh fluida atau yang biasa kita sebut dengan back pressure. mungkin untuk satu atau dua kali pipa mendapatkan tekanan balik (back pressure) pipa akan tahan, tapi jika terus terjadi secara continue pipa akan pecah.

Sesungguhnya fiberglass adalah salah satu jenis dari bahan komposit yang merupakan paduan dari dua bahan yang mempunyai sifat fisika dan kimia yang berbeda dimana perbedaan tersebut pun masih dapat terlihat secara mikroskopik maupun makroskopik dalam paduan akhir material komposit tersebut.

pengabungan frp lining


hal pertama yang harus di lakukan adalah mengasari permukaan pipa yang kan di joint dengan frp lining, tujuannya adalah untuk agar resin bisa menyatu dengan pipa yang akan kita joint kemudain stel pipa, setelah di pastikan bibir pipa tidak ada celah berikan DEMPUL agar di celah celah keci sambungan terisi rapat.

frp lining
frp lining
setelah dempul setengah kering mulailah pelapisan dengan menggunakan serat fiber sebanyak 3 atau 4 lapis. yakinkan bahwa pelapisan sempurna tidak ada udara terjebak di dalam serat fiber. tunggu beberapa saat sampai pelapisan pertama tadi mengalami massa perekatan yang mengakibatkan panas pada bagian yang telah di lapis.

setelah yakin hasil lapisan pertama kering dan mulai dingin kita bisa melapis kembali dengan frp lining jumblah lapisan 3 sampai 4 layer .di setiap lapisan serat fiber per layernya semakin melebar agar hasil sambungan lebih terlihat rata dan mempunyal kekuatan yang lebih baik dari pada hanya menumpuk lapisan-lapisan serat fiber tersebut dengan leba yang sama.
0 Komentar untuk "Pemasangan pipa frp lining"

Back To Top