Jejak tentang iklan pikiran rakyat

Jejak tentang iklan pikiran rakyat adalah sebuah surat kabar yang diterbitkan di Bandung, Jawa Barat. Surat kabar ini didirikan pada 24 Maret 1966. Surat kabar ini dibesarkan oleh Atang Ruswita, wartawan senior. Pikiran Rakyat memiliki slogan Dari Rakyat, Oleh Rakyat, Untuk Rakyat. Koran ini banyak diminati oleh masyarakat kemudian dapat merambah ke seluruh pelosok Jawa Barat dan memantapkan diri sebagai 'korannya orang Jawa Barat', sekaligus yang terbesar di provinsi ini. Padahal sebelumnya, dalam kurun waktu 1967-1973, koran-koran berskala nasional terbitan Jakarta yang mendominasi peredaran koran Jawa Barat.

 Antara tahun 1975-1986 Pikiran Rakyat sempat beredar ke seluruh pelosok Nusantara, jadilah Pikiran Rakyat koran nasional yang terbit di daerah. Pikiran Rakyat sempat beredar sampai ke Kuala Lumpur, Malaysia dan Brunei Darussalam. Pada tahun 1986, Pikiran Rakyat kembali menjadi koran regional berbasis provinsi Jawa Barat, walaupun sebagian tirasnya beredar di luar Jawa Barat seperti DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan beberapa provinsi lainnya.

Pada perkembangan iklan pikiran rakyat selanjutnya, lembaga ini menjadi identik milik warga Jawa Barat. Dari aspek bisnis pun terjadi pertumbuhan yang signifikan. Dari rahimnya kemudian lahir PT Granesia, perusahaan percetakan dan penerbitan yang tak hanya mencetak Pikiran Rakyat, lalu secara berturut-turut Mitra Bisnis (semula bernama Mitra Desa), tabloid berbahasa Sunda Galura dan surat kabar Mitra Dialog yang berkedudukan di Cirebon. Lalu, pada tahun 1999, sejalan dengan asas otonomi daerah tingkat dua, Pikiran Rakyat pun menangkap peluang yang muncul. Karena itulah kemudian men-take over Harian Umum Galamedia dari PT Surya Persindo Grup sebagai koran Greater Bandung, Pakuan yang terbit di Bogor, Kabar Priangan di Tasikmalaya, dan Fajar Banten di Serang. Perusahaan pun kemudian menangani radio Parahyangan yang kemudian berganti nama hingga saat ini menjadi PRFM.

Apa itu iklan pikiran rakyat ?


Iklan baris merupakan iklan yang banyak di media cetak, seperti Koran, buletin, tabloid dan lain – lain . iklan baris merupakan iklan yang dibuat dengan tulisan yang singkat yang berisi mengenai informasi atau barang dengan singkat. Apabila anda ingin menulis iklan baris ada hal yang harus diperhatikan pertama iklan anda harus menarik konsumen ( attention ) karena banyak iklan yang lain. Contohnya dengan kata gratis, hadiah, bonus, penawaran spesial, dan sebagainya. Kreatiflah, lihat penawaran yang sudah Anda siapkan.

Saat pembaca perhatian sudah anda dapatkan , mereka akan membaca pasang iklan pikiran rakyat Anda, maka kata-kata di iklan Anda harus memunculkan interest (ketertarikan) untuk terus membaca iklan Anda. Biasanya dengan memperlihatkan masalah atau kebutuhan. Saat pembaca membaca iklan lebih jauh, maka tugas Anda ialah membangkitkan keinginan (desire) mereka untuk membeli produk atau jasa Anda. Keinginan bisa dimunculkan dengan menjelaskan manfaat dan penawaran Anda. Dan yang sangat penting adalah Call To Action (meminta tindakan), jangan biarkan pembaca yang memutuskan, tetapi Andalah yang mengarahkan mereka untuk bertindak. Apa yang harus pembaca lakukan? Misalnya menghubungi Anda, kirim email, kirim SMS, menambahkan di BBM, klik link tertentu, dan sebagainya.

Apabila iklan yang anda promosikan lewat website iklan gratis tersebut terindex mesin pencari,peluang bisnis anda cepat dikenal sangat mungkin.Karena biasanya ketika seseorang ingin mencari produk dan mereka belum mengenal tempat mencari produk yang tepat dimana,mereka akan gunakan mesin pencari sebagai acuannya dan jika posisi iklan anda berada di halaman 1,otomatis mereka akan segera menghubungi anda.
0 Komentar untuk "Jejak tentang iklan pikiran rakyat"

Back To Top