tabung alat pemadam kebakaran

tabung alat pemadam kebakaran CO2 adalah alat pemadam kebakaran yang terisi dengan gas karbon dioksida yang tidak mudah terbakar melalui proses tekanan (pressure) yang sangat besar. Anda dengan mudah bisa mengenali alat pemadam api CO2 dengan melihat dan merasakan pegangan pada selang pengeluaran berwarna hitam yang keras (Hard Horn) dan tidak memiliki alat pengukur tekanan (pressure gauge). Tekanan dalam silinder begitu besar bahwa ketika Anda menggunakan salah satu dari alat pemadam ini, potongan-potongan es kering dapat menembak keluar dari selang pembuangan.

Alat pemadam

Silinder CO2 merah dan berbagai ukuran dari 5 Lbs (2.3 Kg) sampai 100 Lbs (45 Kg) atau lebih besar. Dalam ukuran yang lebih besar, tanduk keras akan berlokasi di ujung panjang, pada selang fleksibel. Seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya bahwa setiap tipe Alat pemadam api memiliki fungsi yang berbeda dalam mengatasi jenis-jenis kebakaran yang berbeda. Alat pemadam api CO2 dirancang untuk mengatasi kebakaran Kelas B dan C (cairan mudah terbakar, dan listrik). Info selengkapnya mengenai kelas kebakaran silahkan lihat artikel Jenis Bahan Pemadam Api dan Penggunaannya.

Alat pemadam api CO2 bekerja dengan menggantikan oksigen, atau mengambil unsur oksigen dari segitiga api. Karbon dioksida juga sangat dingin ketika keluar dari pemadam, sehingga mendinginkan bahan bakar juga. CO2s mungkin tidak efektif pada pemadam kebakaran Kelas A (benda padat, kertas, kayu, dll) karena mereka mungkin tidak dapat untuk menggantikan oksigen yang cukup untuk berhasil memadamkan api. Bahan kelas A juga dapat membara dan menyala kembali.

Alat pemadam api CO2 akan sering ditemukan di laboratorium, kamar mekanik, dapur, dan tempat penyimpanan cairan yang mudah terbakar. Semua alat pemadam CO2 akan menjalani tes hidrostatik dan pengisian ulang setiap lima tahun. Informasi tambahan mengenai istilah segitiga api (fire triangle), menurut teorinya sumber api dapat terjadi karena ada 3 faktor pemicu : Bahan bakar, sumber panas, dan oksigen. Oleh karena itu untuk menghentikan penyebaran api, harus dengan memutuskan salah 1 rantai segitiga pemicu tsb.

aturan dalam alat pemadam


Beberapa aturan yang harus diketahui pada saat kebakaran terjadi dan anda mencoba untuk memadamkannya menggunakan Alat pemadam:

Alat pemadam1. Pastikan anda sudah berada pada posisi yang aman dan tidak membahayakan diri sendiri.

2. Segera bunyikan alarm kebakaran dalam bangunan; jika tidak ada sistem alarm, segera cari cara untuk memberikan informasi darurat kepada semua penghuni bangunan

3. Hubungi pihak berwajib dan pemadam kebakaran dan informasikan sebanyak mungkin situasi yang terjadi

4. Jika anda akan menyelamatkan orang, pastikan anda dapat melakukannya dengan aman. Menjauh dari bangunan dan keluar melalui emergency exit / pintu darurat. Jangan kembali ke dalam gedung jika pihak pemadam kebakaran belum mengatakan aman untuk masuk.

5. Segera lakukan evakuasi total.

6. Jika anda mencoba memadamkan api, pastikan anda memang mengetahui tata cara Alat pemadam penggunaanya.

7. Jika api terlampau besar, jangan mencoba memadamkannya, walaupun anda memiliki Alat pemadam api jenis abc, karena anda tidak mengetahui detail dari barang-barang yang sedang terbakar dan apa impactnya sehingga ada kemungkinan terjadinya ledakan dari barang-barang yang sedang terbakar tersebut.

8. Jika kondisi api baru saja membakar 1 spot kecil, dan penyebarannya masih awal atau baru mulai, anda bisa mencoba segera memadamkannya dengan Alat pemadam kebakaran jenis abc dry powder. Tapi jika sudah cepat sekali penyebarannya, langkah terbaik adalah segera keluar dari sana. Tutup semua pintu dan jendela yang masih memungkinkan pada saat berjalan keluar ruangan.

9. Ikuti naluri anda, jika Anda ragu, maka biarkan petugas pemadam kebakaran yang melakukan pekerjaan mereka.

10. Aturan terakhir adalah selalu merencanakan posisi jalan keluar ketika anda mencoba memadamkan api. Selalu posisikan jalan keluar berada pada bagian belakang diri anda. Jadi ketika ada sesuatu yang tidak terduga terjadi anda bisa segera berlari ke arah belakang.

 

Alat Pemadam kebakaran terbaru


Alat pemadam api jenis buih adalah jenis alat pemadam kebakaran yang menggunakan jenis buih tertentu yang berfungsi untuk mengendalikan pembakaran dengan menutupi cairan yang mudah terbakar dengan selimut buih, memotong pasokan udara dari api dan mencegah pelepasan uap / gas yang mudah terbakar.

Alat pemadam api jenis buih sangat efektif untuk mengatasi kebakaran kelas A dan B, tidak dianjurkan untuk kebakaran yang berhubungan dengan listrik / electrical.SOLUSI FOAM (buih): Ini adalah larutan air dan konsentrat buih setelah dicampur dalam proporsi yang sesuai.

Jenis Alat pemadam foam (buih) juga dibagi menjadi beberapa kelas :

Kelas A: Efektif untuk kebakaran kelas A, dapat mencegah resiko api padam untuk menyala kembali
Kelas B: Efektif untuk kebakaran kelas B, dapat memadamkan api dari kebakaran bahan bakar, atau cairan yang mudah terbakar.

Selain itu ada pembagian menurut kadar Ekspansi dan kadar Drainase.

Alat pemadam kadar Drainase: tingkat di mana solusi buih akan mengalir dari massa buih diperluas atau berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk 25% dari solusi untuk mengalir dari buih. Hal ini sering disebut kehidupan seperempat atau 25% waktu tiriskan. Foam yang memiliki waktu menguras cepat biasanya sangat cair dan mobile, menyebar di seluruh permukaan bahan bakar yang sangat cepat. Sementara buih dengan waktu pakai yang lebih lama biasanya kurang bergerak, mereka bergerak di seluruh permukaan bahan bakar perlahan-lahan.

kadar Ekspansi: volume buih selesai dibagi dengan volume larutan foam yang digunakan untuk membuat buih selesai yaitu rasio 5 banding 1 akan berarti bahwa satu galon larutan buih setelah aerasi akan mengisi kosong 5 – galon Alat pemadam wadah dengan diperluas massa buih .

0 Komentar untuk "tabung alat pemadam kebakaran"

Back To Top