NDT Inspection Indonesia

Hati – hati terhadap tabung gas , masih banyak yang tidak menggunakan NDT Inspection. Para pengoplos gas kebanyakan berkeinginan supaya tabung gas bisa cepat terisi sehingga mereka menekan pegasnya dengan kuat. "Hal tersebut yang mengakibatkan pegas di tabung gas cepat rusak dan mengakibatkan tabung gas meledak. Di Pertamina sendiri sudah ditemukan kasus seperti itu dimana pegas didalam tabung gas sudah jatu kebawah. "Pernah pertamina mendapatkan kasus seperti itu. Sehingga sebaiknya konsumen melihat label tabung gas yang ditempel para agen.

ndt inspection

Sebagai seorang inspection engineer saya juga melihatada nya pengelasan pada centre tabung pada tabung gas kemasan 3 kg merupakan titik lemah , bila pasca pengelasan tidak di inpect dengan methode NDT Inspection dan tidak dilakukan oleh orangyang professional. Karena tabung gas harus benar – benar dibuat secara berkualitas karena kalau tidak akan mengakibatkan resiko yang sangat besar bagi yang memakainya. Perusahaan atau agen harus menyediakantabung gas yang sangat berkualitas dan rasa aman bagi pemakainya.

Unsur tabung gas dengan pengujian NDT Inspection

 

ndt inspection

 


Minyak bumi atau minyak mentah sebelum masuk kedalam kolom fraksinasi (kolom pemisah) terlebih dahulu dipanaskan dalam aliran pipa dalam furnace (tanur) sampai dengan suhu ± 350°C. Minyak mentah yang sudah dipanaskan tersebut kemudian masuk kedalam kolom fraksinasi. Untuk menjaga suhu dan tekanan dalam kolom maka dibantu pemanasan dengan steam (uap air panas dan bertekanan tinggi). Karena perbedaan titik didih setiap komponen hidrokarbon maka komponen-komponen tersebut akan terpisah dengan sendirinya, dimana hidrokarbon ringan akan berada dibagian atas kolom diikuti dengan fraksi yang lebih berat dibawahnya. Pada tray (sekat dalam kolom) komponen itu akan terkumpul sesuai fraksinya masing-masing. Oleh karena itu setiap perusahaan saat ining membuat tabung gas harus melakukan pengujian dengan NDT Inspection.

Pada setiap tingkatan atau fraksi yang terkumpul kemudian dipompakan keluar kolom, didinginkan dalam bak pendingin, lalu ditampung dalam tanki produknya masing-masing. Produk ini belum bisa langsung dipakai, karena masih harus ditambahkan aditif (zat penambah) agar dapat memenuhi spesifikasi atau persyaratan atau baku mutu yang ditentukan oleh Dirjen Migas RI dan melakukan pengujian NDT Inspection agar tidak terjadi kerusakan pada tabung gas tersebut untuk masing-masing produk tersebut.LPG adalah campuran dari berbagai unsur hidrokarbon yang berasal dari gas alam. LPG dikenalkan oleh Pertamina dengan merk Elpiji. Dengan menambah tekanan dan menurunkan suhunya, gas berubah menjadi cair. Komponennya didominasi propana(C3H8) dan butana (C4H10). Elpiji juga mengandung hidrokarbon ringan lain dalam jumlah kecil, misalnya etana (C2H6) dan pentana (C5H12). Dalam kondisi atmosfer, elpiji akan berbentuk gas. Volume elpiji dalam bentuk cair lebih kecil dibandingkan dalam bentuk gas untuk berat yang sama. Karena itu elpiji dipasarkan dalam bentuk cair dalam tabung-tabung logam bertekanan. Untuk memungkinkan terjadinya ekspansi panas (thermal expansion) dari cairan yang dikandungnya, tabung elpiji tidak diisi secara penuh, hanya sekitar 80-85% dari kapasitasnya. Rasio antara volume gas bila menguap dengan gas dalam keadaan cair bervariasi tergantung komposisi, tekanan dan temperature.

Pengujian Gas melalui NDT Inspection


Gas mempunyai unsur yang sangat penting bagi kebutuhan manusia, Oleh karena itu gas harus melakukan test pengujian melalui NDT Inspection agar tidak melakukan kesalahan apabila memakainya. Gas sangat penting bagi kehidupan manusia terutama pada atmosfer dibumi, adapun manfaatnya Nitrogen, Merupakan unsur gas yang paling besar prosentasenya di atmosfer. Gas nitrogen sangat dibutuhkan dalam pertumbuhan tanaman. Gas nitrogen sering juga digunakan sebagai bahan dasar industri pupuk. Oksigen merupakan unsur gas yang sangat diperlukan untuk pernafasan manusia dan mahluk hidup lainnya seperti hewan dan tumbuhan. Komposisi oksigen dalam atmosfer mencapai 21%, oksigen terdapat di perairan terutama perairan laut dangkal dan di daratan sampai batas ketinggian tertentu di atas permukaan air laut, semakin tinggi tempat suatu wilayah dari permukaan air laut, lapisan oksigennya semakin tipis. Karena ada oksigen kita dapat bernafas, menyalakan lilin dan lainnya.

Argon simbolnya Ar, merupakan elemen gas terbesar ke tiga di atmosfer Bumi setelah unsur gas nitrogen dan oksigen. Nama elemen Argon, diambil dari bahasa Yunani Argos yang artinya tidak aktif, karena Argon tidak mudah ber-reaksi dengan elemen lain. Argon digunakan bersama dengan gas Neon dalam industri listrik untuk mengisi lampu neon. Gas Argon berwarna biru. Lampu neon yang diisi dengan Gas Argon lebih hemat listrik dibandingkan lampu listrik biasa. Karbondioksida (CO2) merupakan gas tidak berwarna, tidak berbau dan gas asam yang ringan. Karbondioksida disebut juga gas asam karbon, molekulnya terdiri dari 1 atom karbon dan 2 atom oksigen, disimbolkan CO2. Neon adalah gas yang tidak berwarna, tidak berbau dan non reaktif. Neon termasuk gas mulia seperti halnya Gas Helium, Argon, Kripton, Xenon dan Radon. Masih banyak lagi unsur yang terkandung dalam gas yang terpenting bagaimana gas itu melakukan test pengujian NDT Inspection agar hasilnya menjadi yang terbaik.



Tag : inspection, ndt
0 Komentar untuk "NDT Inspection Indonesia"

Back To Top