Jasa coring konstruksi

Jasa coring konstruksi terlihat amat mudah, tinggal aduk semen, pasir dan beberapa material lain…. langsung dituangkan ke cetakkan atau “begisting”, namun jika tidak tahu beberapa tips dalam pengerjaannya bisa-bisa hasilnya nanti tidak bagus, seperti retak-retak, mudah keropos, atau bisa jadi roboh sebelum bangunan digunakan. Dan supaya kita tidak mengalami hal seperti ini maka disini kami sedikit beberkan tips agar cor beton bagusdan cara membuat cor beton yang bagus. Di dapat dari beberapa sumber, pengalaman di lapangan, ataupun sumber dari tenaga lapangan sendiri. Kita mulai dengan beberapa hal yang perlu dilakukan agar mendapatkan hasil serta kualitas yang bagus serta efisien dari hasil pekerjaan cor beton yang bagus.

Sebelum memulai pekerjaan cor beton, tentunya harus dimulai dengan desain struktur yang benardan ber-konsep, baik dalam menentukan dimensi beton, teknik bahan dan schedule lapangan yang cermat. Sebab jika perhitungan struktur sudah salah, walau dikerjakan di lapangan sudah baik dan optimal, tentunya tidak mendapatkan hasil yang baik.

Gunakan material coring beton yang sesuai dengan perhitungan standar, sesuai dengan yang tercantum di perhitungan desain dan sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Semisal jika kita akan membuat struktur beton bertulang, makan kita sebaiknya menggunakan beton dengan kualitas K 350. Dan jika kita paksakan untuk menggunakan cor beton berkualitas K250, tentunya hasilnya nanti kemungkinan besar akan tidak baik dan tidak memenuhi standart keamanan sebuah struktur.

Tips jasa coring


Hal yang sering dilanggar adalah waktu pembongkaran begisting. Tahap pekerjaan pembongkaran bekisting ini jangan terlalu cepat sebelum beton benar-benar kering dan mampu menahan bebannya sendiri. Untuk amannya waktu pengeringan adalah minimal 30 hari dimulai dari saat pekerjaan pengecoran.

Hal sepele yang juga sering dilanggar adalah pembersihan jasa coring beton tercecer saat pengecoran. Ini harus segera dilakukan sebelum mengering, karena jika sudah kering tentunya akan sulit untuk dibersihkan dan pastinya akan menambah biaya operasional.

Cel ulang kondisi begisting serta jalur-jalurnya termasuk posisinya masing-masing. Juga perhatikan ulang mengenai kondisi begisting dari kebocoran yang mungkin akan terjadi nanti. Pengecekan posisi begisting dapat menggunakan waterpas. Dan jika ada begisting yang tersambung dengan beton lama, tentunya niat ini adalah agar beton lama dan beton baru akan tersambung, nah…. maka sebelum itu beton lama hendaklan dikikis dulu (diketrik) dan antara harus menggunakan lem beton agar masing-masing beton itu dapat tersambung. Lakukan penyiraman setelah proses pengecoran beton berlangsung jika kondisi alam dapat membuat proses pengeringan terlalu cepat, seperti kondisi matahari yang terlalu terik, cuaca yang saat itu cerah. Waktu pengerasan yang terlalu cepat dapat berakibat tidak bagus seperti hasil yang retak-retak.
0 Komentar untuk "Jasa coring konstruksi"

Back To Top