Mengenal alat pemadam

Mengenal alat pemadam karena banyak sekali jenis dan kegunaan alat pemadam api tersebut sehingga anda harus memilih sesuai dengan kebutuhan anda. Salah satu alat pemadam api adalah yang ringan atau disebut dengan APAR  atau dengan istilah lain portable fire extinguisher dan memiliki bentuk yang sangat kecil dan praktis sehingga sangat mudah dan praktis untuk dibawa ke mana – mana. APAR ini berisi karbondioksida, foam AFF dan dry chemical powder. Biasanya tabung APAR ini tidak lebih dari 9 kg dan APAR ini dirancang dengan sedemikian rupa untuk emmpermudah orang melakuak aksi yang tanggap dalam keadaan darurat dengan cepat dan mudah saat terjadi kebakaran. Alat pemadam ini sangat ringan dan sesuai untuk dimiliki oleh setiap rumah untuk mencegah terjadinya kebakaran.

Ada juga APAR yang berisi dengan karbondioksida untuk mencegah kebakaran yang lebih besar apabila kebakaran tersebut disebabakan oleh araus pendek atau korsleting listrik dan akrbondioksida didalamnya tidak meninggalakn sisa atau residu sehingga tidak kaan mengakibatkan kerusakan pada alat elektronik. Ada juga APAR yang berisi dengan foam AFF dengan tujuan untuk mencegah kebakaran yang lebih besar yang disebabkan oleh kompor gas meledak (LPG, LNG) dan cairan kimia lain seperti bensin, solar, dan alkohol. APAR berisi foam AFF juga sangat sesuai untuk memadamkan kebakaran benda padat seperti kayu, kertas, dan kain. Tetapi anda juga perlu tahu bahwa APAR berisi foam AFF tidak boleh digunakan untuk memadamkan kebakaran akibat korsleting listrik karena foam AFF bersifat menghantarkan listrik. Banayk sekali alat pemadam api yang digunakan untuk emncegah suatu kebakaran.

Itulah hal yang harus anda perhatikan pada saat menggunakan APAR walaupun alat pemadam api ini digunakan untuk memadamkan dalam apai yang berukuran kecil. Tetapi dalam memadamkan api anda juga harus mengingat metode yang terbaik seperti metode penguraian untuk menyingkirkan barang – barang yang mudah terbakar, metode pendinginan dengan cara menghentikan kebakaran dengan menurunkan temperature atau panas dan terakhir metode lokalisasi yakni metode pemadam kebakaran dengan meredakan kadar persentaso gas 02. Itulah beberapa cara yang terbaik untuk memadamkan api dan cara menggunakan alat pemadam api ringan ( APAR )..

Merawat alat pemadam


Setelah anda membeli alat pemadam nda juga harus memjaga tabung pemadam agar tabung tersebut tidak mudah rusak apalagi bila anda ingin memakainya. Pada saat anda melakukan pembelian ada baiknya jika anda harus memperhatikan aspek pertama – tama anda harus menjadi salah satu yang diperiksa dan diuji oleh tenaga yang sangat professional pada saat pembelian tabung pemadam, anda juga harus meletakkan bahwa tabung pemadam harus ditempatkan pada jarak yang dibutuhkan selalu. Jika untuk tabung pemadam kimia isi ulang maka harus dikosongkan dan diidi setiap enam tahun sekali.

Pada waktu melakukan pengujian tabung pemadam harus rutin untuk melakukan pengujian untuk setiap bulan dan jika tabung pemadam rusak maka harus segera diganti. Ada baiknya jika sebuah gedung harus membaca intruksi yang diberikan pada petugas pemadam. Pemadam sebelumnya digunakan untuk sebuah bagunan komersial dan bangunan apartemen tetapi sekarang ini terlihat pada rumah – rumah individu dan bahkan juga untuk digunakan diruman sebagai pelarian api . Jadi sekarang ini banyak sekali yang membutuhkan tabung pemadam untuk mengatasi kebakaran pada saat terjadi kebakaran yang datang tanpa kita duga sebelumnya dan bisa menghabiskan harta benda maupun nyawa sekalipun akan menghilang.
Tag : Alat pemadam
0 Komentar untuk "Mengenal alat pemadam"

Back To Top