Wisata Pulau Tidung bersama

Wisata Pulau Tidung bersama sebelum itu anda harus tahu dulu tentang pulau tidung yang sering dikunjungi wisatawan baik dari mancanegara maupun waisatawan indonesia. Pulau Tidung merupakan pulau terbesar dalam gugusan pulau-pulau yang ada di Kepulauan Seribu. Pulau hunian penduduk ini memiliki luas sekitar 109 ha dengan populasi sekitar 4000 jiwa dengan 2000 kepala keluarga Nama Pulau Tidung berasal dari kata Tidung (dalam aksen penduduk setempat pada waktu itu), yang artinya tempat berlindung, karena pulau ini sering dijadikan sebagai tempat untuk berlindung dari bajak laut atau perompak,Maka Pulau ini dinamakan Pulau Tidung yaitu pulau untuk tempat berlindung.

Menurut Buku Sedjarah Djakarta, yang terbit tahun 1960 atau 1970-an diceritakan, ketika Fatahillah menyerbu Portugis di Malaka, ia menggunakan pulau-pulau di teluk Jakarta ini sebagai basis mengatur strategi pada zaman dahulu, salah satunya adalah Pulau Tidung. Berdasarkan keterangan penduduk setempat, Pulau Tidung mulai dihuni oleh penduduknya sekitar tahun 1920-an. Pada waktu itu ada seorang penjaga pulau yang didatangkan dari Rawa Belong, Jakarta Barat. Pada tahun 1942 ( saat penjajah Jepang datang ke Indonesia) penduduk Pulau Tidung sempat diungsikan ke daerah Tegal Alur Jakarta Barat. Pengungsian tersebut berlangsung selama tiga tahun, hingga tahun 1945, kemudian penduduk tersebut dapat kembali ke pulau Tidung setelah Penjajahan Jepang lengser. Disana ada juga jembatan cinta pulau tidung yang sangat luar bisa dan anda jangan lupa untuk ke jambatan pulau tidung.

Meski terbilang cukup jauh letaknya, namun pada waktu liburan tertentu pengunjung dari luar pulau cukup membludak. Seperti cerita kapten kapal Madinah, Samsila yang mengaku pernah membawa 4000 pengunjung yang ingin menghabiskan libur tahun baru di Pulau Tidung 2009 lalu. Di pulau ini memang belum tersedia hotel, namun para warga dengan senang hati menyewakan kamar di rumahnya bagi para wisatawan. Ada juga warga yang menyewakan sepeda maupun menyediakan jasa wisata air seperti Banana Boat dan Snorkling (menyelam). Tak salah lah bila obyek wisata Jembatan Cinta di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu ini masuk dalam jajaran wisata alam lainnya yang patut dikunjungi.

Snorkeling di Wisata pulau Tidung


Pergi ke sebuah wisata pulau tidung yang indah, belum lengkap jika tidak mencoba snorkeling. Bagi para wisatawan yang baru pertama kali mencoba snorkeling, beberapa hal perlu diperhatikan. wisata pulau tidung, Kepulauan Seribu, menawarkan keindahan panorama bawah laut. Wisatawan dapat menikmatinya melalui kegiatan snorkeling. Banyak penduduk lokal Pulau Tidung yang menyediakan fasilitas snorkeling, mulai sewa alat hingga perahu yang akan membawa wisatawan menuju spot snorkeling yang paling baik. Harga sewa yang ditawarkan pun cukup terjangkau, yakni Rp35 ribu, untuk alat snorkeling berupa masker, snorkel, dan fin atau kaki katak. Peralatan tersebut dapat digunakan sepuasnya.Sementara untuk menyewa perahu, harga yang ditawarkan Rp200 ribu untuk perahu berkapasitas 10 orang. Perahu ini akan membawa wisatawan menuju Pulau Payung dengan menempuh perjalanan selama 1,5 jam.


Bagi Pulau Tidung pemula, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti dijelaskan Anto, salah seorang penyedia alat snorkeling di Pulau Tidung seperti Masker yang digunakan haruslah pas dengan wajah, untuk mencegah masuknya air ke dalam masker. Setelah menggunakan masker, berlatihlah untuk bernapas melalui mulut, Pelindung mulut snorkel pun harus pas dengan ukuran mulut. Jika pipa snorkel telah penuh dengan air, pergilah ke permukaan dan hembuskan keras-keras menggunakan mulut, Fin atau kaki katak yang digunakan harus sesuai ukuran kaki pemakai, dengan mengencangkan tali sabuk di bagian tumit. Fin akan melindungi Anda dari karang, Cek peluit yang ada di pelampung yang Anda gunakan. Peluit ini berguna pada keadaan darurat untuk memberi kode kepada teman-teman Anda.
1 Komentar untuk "Wisata Pulau Tidung bersama"

Hey friends if you want to play roblox then must try free robux its best

Back To Top