Jenis tabung pemadam

Memilih jenis tabung pemadam yang tepat dari pemadam kebakaran bisa menjadi tugas yang membingungkan karena banyaknya jenis pemadam kebakaran yang tersedia. Anda harus sangat berhati-hati ketika Anda memilih alat pemadam kebakaran karena setiap jenis dimaksudkan untuk memadamkan api yang disebabkan oleh bahan yang berbeda.

alat pemadam kebakaran dikategorikan menjadi beberapa kelas yang mereka digunakan untuk. pemadam tersebut juga memiliki rating numerik untuk mereka gunakan. Kelas A pemadam digunakan untuk bahan mudah terbakar biasa. Ini termasuk kertas, karton, plastik, dan kayu. Rating numerik ditemukan pada jenis pemadam menunjukkan jumlah air dapat menahan dan jumlah api dapat dipadamkan. Kelas B api alat pemadam diformulasikan secara khusus untuk memadamkan api yang perawatan yang disebabkan oleh cairan yang mudah terbakar dan mudah terbakar seperti minyak, bensin, minyak, dan minyak tanah. Rating numerik untuk pemadam Kelas B menunjukkan area kebakaran di kaki persegi itu dapat memadamkan.

Kelas C pemadam kebakaran memadamkan api yang melibatkan peralatan listrik, termasuk peralatan, outlet, wirings, dan pemutus sirkuit. Ketika berhadapan dengan api kelas C, penting untuk diingat bahwa air tidak boleh digunakan untuk memadamkan karena risiko sengatan listrik besar. Kelas C pemadam telah memadamkan agen yang tidak kondusif dan mereka tidak memiliki rating numerik. Salah satu jenis alat pemadam kebakaran yang paling umum adalah yang ditemukan di laboratorium kimia. Jenis ini dikategorikan sebagai Kelas D pemadam kebakaran dan untuk kebakaran yang melibatkan bahan mudah terbakar seperti natrium, kalium, magnesium, dan titanium. Mirip dengan Kelas C pemadam, Kelas D pemadam tidak memiliki rating numerik dan dapat digunakan secara eksklusif untuk kebakaran Kelas D.

Kategori tabung pemadam


Selain klasifikasi ini, alat tabung pemadam kebakaran juga dikategorikan menurut agen pemadam digunakan. pemadam air, juga dikenal sebagai pesawat-bertekanan pemadam air, hanya cocok untuk kebakaran kelas A saja. Menggunakan alat pemadam air pada Kelas C atau Kelas D api hanya akan membuat api besar jadi hati-hati ketika mengidentifikasi jenis api sebelum menggunakan alat pemadam tertentu. Sebuah pemadam kebakaran air diisi dengan air dan bertekanan dengan oksigen, sehingga bisa sangat berbahaya di salah jenis situasi. Hanya melawan api dengan alat pemadam air jika Anda yakin bahwa api disebabkan oleh bahan mudah terbakar biasa saja.

Kering pemadam kimia adalah jenis lain dari pemadam kebakaran dan memiliki berbagai jenis. Jenis pemadam kebakaran cocok untuk kombinasi kelas A, B, dan C kebakaran. pemadam kimia kering dapat diisi dengan busa atau bubuk, bertekanan dengan nitrogen. Jenis reguler pemadam kimia kering adalah salah satu yang diisi dengan natrium bikarbonat dan kalium bikarbonat. Ini disebut pemadam SM. Berbagai BC meninggalkan residu agak korosif yang perlu dibersihkan segera untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

varietas lain adalah pemadam ABC yang merupakan alat pemadam kimia kering serbaguna diisi dengan monoamonium fosfat yang merusak peralatan listrik. Dibandingkan dengan alat pemadam CO2, alat pemadam kimia kering memiliki keuntungan karena mereka meninggalkan residu non-mudah terbakar pada bahan padam.

Di sisi lain, alat pemadam CO2 memiliki keuntungan lebih dari pemadam kimia kering sehingga mereka tidak meninggalkan residu berbahaya pada perangkat elektronik. pemadam ini mengandung karbon dioksida dan sangat bertekanan untuk memadamkan api.
0 Komentar untuk "Jenis tabung pemadam"

Back To Top